Rabu, 03 Juli 2013

Pendaftaran IPDN adalah sebuah informasi mengenai penerimaan CPNS untuk calon praja 2013/2014 di IPDN. Info CPNS 2013 ini kami sajikan bagi anda yang berminat untuk melakukan Pendaftaran IPDN yang akan diselenggarakan pada tanggal 1 Juli 2013 hingga 13 Juli 2013. Adapun mengenai peserta yang boleh mengikuti penerimaan IPDN 2013 ini adalah bagi anda para lulusan Sekolah Menengah Atas atau SMA.

Mengenai Tata cara Pendaftaran IPDN 2013 ini dapat anda ketahui melalui lebih lanjut setelah InformasiLoker memberikan sedikit informasi mengenai seluk beluk IPDN. Hal ini dilakukan tidak lain adalah, untuk memberikan sedikit pengetahuan anda tentang Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN  seperti berikut ini.

Tenaga para kader pamong praja pada masa awal kemerdekaan Indonesia di dalam pemerintahannya terus meningkat, dengan didasarkan pada tuntutan perkembangan dalam penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia. Maka dari hal tersebut, terbentuklah lembaga pendididikan SMT (Sekolah Menengah Tinggi) pangreh praja dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri. SMT tersebut kemudian namanya berubah dengan nama SMPAA atau Sekolah Menengah Pegawai Pemerintahan Administrasi Atas yang berlokasi di Makassar dan juga di Jakarta.

Dengan adanya penyelenggaran pemerintahan yang dirasakan semakin luas, dinamis dan kompleks, pendidikan aparatur ini dianggap sudah tidak lagi memadai. Maka pemerintahan memulai pendirian Akademi Pemerintahan Dalam Negeri atau APDN di Malang tertanggal 17 Maret tahun 1956.

Selanjutnya didirikanlah Institut Ilmu Pemerintahan atau IIP di Malang, sebagai upaya dalam meningkatkan lulusan APDN di dalam pendidikannya yang setingkat dengan Sarjana di lingkungan Departemen Dalam Negeri. Pembentukan tersebut merupakan upaya peningkatan APDN Nasional, sehingga di dalam penyelenggaraan pendidikan yang setingkat akademi, dibentuklah APDN di sekitar 20 Provinsi di Malang.

Singkat cerita, adanya kebijakan mengenai pendidikan pada tahun 1999 bahwa, tidak diperbolehkan suatu Departemen untuk mempunyai dua ataupun juga lebih dari perguruan tinggi di dalam pelaksanaan keilmuan yang masih sama, hal tersebut membuat Departemen Dalam Negeri melakukan integrasi pada STPDN ke dalam IIP. Penetapan dalam penggabungan STPND dan IIP ini di lakukan pada tahun 2004 dengan didasarkan pada Keppres. No. 87 tahun 2004 yang kemudian mengubah Institut Ilmu Pemerintahan menjadi IPDN atau Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

Melihat historis singkat yang terjadi pada IPDN ini, tentunya banyak sekali yang tertari untuk menjadi calon Praja di IPDN ini bukan? Bagaimana tidak, selain mendapatkan pendidikan dan gaji bagi para perserta didik, lulusan IPDN pun berkesempatan untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS.

Saat ini tengah dibuka kesempatan untuk melakukan pendaftaran IPDN tahun ajaran 2013/2014 sebagai calon pegawai Negeri Sipil (CPNS). Adapun mengenai segala sesuatu yang menjadi persyaratan untuk dapat melakukan pendaftaran IPDN tersebut telah kami rangkum sebagai berikut.

PENDAFTARAN IPDN | STPDN | APDN

IPDN

Kualifikasi:

  • Pria atau Wanita yang berwarga Negara sebagai WNI
  • Maksimal usia untuk peserta per tanggal 1 Desember 2013 adalah:
  • Untuk Pelamar Umum: berumur 16 tahun (minimal) dan maksimal adalah 21 tahun
  • Untuk PNS Tugas Belajar: berumur 24 tahun (maksimal) dengan masa kerja minimal 2 tahun
  • Lulusan minimal Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)
  • Memiliki tinggi badan minimal 160 cm untuk peserta Pria dan 155 cm untuk peserta Wanita.
  • Dll.

Bagi anda yang mempunyai minat untuk melakukan pendaftaran IPDN 2013 tersebut, silahkan datang langsung ke Badan Kepegawaian Daerah ataupun sebutan lainnya yang ada di Kabupaten/Kota atau silahkan baca selengkapnya melalui link "sumber" yang telah kami siapkan seperti berikut.

Sumber: www.kemendagri.go.id/pages/penerimaan-ipdn-20132014/pengumuman-ipdn-20132014

Pendaftaran IPDN 2013 tersebut dimulai pada tanggal 1 Juli 2013 hingga tanggal 13 Juli 2013 mendatang, oleh karena itu segera lakukan pendaftaran secepatnya sebelum tanggal pendaftarannya berakhir. Semoga Sukses.


Info loker 03 Jul, 2013


-
Source: http://informasiloker.com/pendaftaran-ipdn
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com