Selasa, 30 Juli 2013

 

Info Lowongan Kerja Indonesia
Info Lowongan Kerja Indonesia

Rangkaian Tes CPNS 2013
7/30/2013 7:23:35 AM

Lowongan CPNS 2013Rangkaian Tes CPNS 2013

Hampir seluruh kementerian dan lembaga, hingga pemerintah daerah akan merekrut CPNS yang jumlah totalnya sekitar 60 ribu orang pada tahun ini. Lowongan mulai dibuka Oktober 2013, apa saja tesnya?

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar mengatakan, seleksi CPNS tahun ini akan lebih transparan dengan 3 tes kompetensi dasar.

"Ada tes kepribadian, tes potensi akademik, dan tes wawasan kebangsaan," ujar Azwar di kantor Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (26/7/2013).

Seperti apa transparannya? Azwar mengatakan, nanti lembar jawaban pada saat tes akan dibawa langsung ke Jakarta dan diumumkan. "Kan rawan kalau di daerah, diubah-ubah namanya. Nanti juga waktu pengumuman disesuaikan, bisa 2 atau 3 minggu. Jadi hasil itu masuk diperiksa dan diumumkan. Jadi lebih transparan," tutur Azwar.

Namun, dari 60 ribu lowongan, belum pasti semua akan diisi. Ini tergantung pada kualifikasi saat tes. Tahun lalu saja, dari 13 ribu lowongan CPNS yang dibuka, yang terisi hanya 11 ribuan, sisanya tidak memenuhi kualifikasi. (dnl/hen/detik)

Kouta Lowongan CPNS Kemenkeu 2013 Bisa Ditambah

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menetapkan 3.000 lowongan CPNS baru di Kementerian Keuangan tahun ini. Jumlah ini bisa bertambah.

Menteri PAN-RB Azwar Abubakar mengatakan, jumlah lowongan CPNS Kemenkeu akan ditambah, karena Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak dan Ditjen Bea Cukai mebutuhkan banyak pegawai baru.

"Sudah ditetapkan 3.000 pegawai baru, nanti kita pertimbangkan lagi untuk ditambah, tapi berapanya kita lihat besok lusa, kita bicarakan mengenai permintaan mereka yang 9.000 CPNS," ujar Azwar Abubakar saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (29/7/2013).

Untuk tahun ini, lanjut Azwar, telah ditetapkan sebanyak 60 ribu CPNS yang akan diterima. Tes akan dimulai pada Oktober, sementara pengangkatannya dilakukan pada Desember 2013.

"Tahun ini 60 ribu, Oktober tes kemampuan, Desember pengangkatan," jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Keuangan meminta tambahan sekitar 6 ribu CPNS pada tahun ini. Pasalnya, dari 9 ribu CPNS yang diajukan, Kementerian PAN-RB baru menyetujui 3 ribu CPNS. Penambahan pegawai ini untuk mengisi kekurangan pegawai di Ditjen Pajak dan Ditjen Bea Cukai. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan penerimaan negara melalui Ditjen Pajak dan Bea Cukai. (nia/dnl/detik)

Pengadaan CPNS Ibarat Berenang Dengan Hiu

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar mengatakan, pengadaan CPNS ibarat berenang bersama ikan hiu. "Berdarah sedikit langsung dimangsa olehnya," ujarnya dalam Rapat Persiapan Pelaksanaan Pengadaan CPNS Tahun 2013, Senin (29/07).

Kiasan tersebut tersirat dalam persiapan instansi pemerintah, baik di pusat maupun daerah, dalam melaksanakan pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2013. Sebagai aparatur yang bersih, berkualitas, dan melayani, harus transparan dan adil dalam pengadaan CPNS tersebut. "Karena kalau kita sedikit toleransi saja pada oknum yang tidak bertanggungjawab, maka usaha kita selama ini membangun birokrat tangguh akan sia-sia," tegasnya.

Mengenai pengadaan CPNS, Azwar menambahkan jangan sampai terjadi salah manajemen. Harus memperhatikan jumlah anggaran dan jumlah penduduknya. Untuk itu, Kementerian PANRB bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Badan Intelijen Negara (BIN), dan Badan Reserse Kriminal Polri (Bareskrim) ikut membantu memeriksa sekaligus mengawasi tes CPNS tersebut.

Pengadaan CPNS ini kelak akan menjadi contoh kepemimpinan yang baik, sehingga harus konsekuen, konsisten, yang disertai dengan kerja keras. "Insyaallah, Allah akan membantu kita menuju kesuksesan bersama," imbuhnya disambut kata amin oleh peserta rapat. (bby/HUMAS MENPANRB)

 

You are receiving this email because you subscribed to this feed at feedmyinbox.com

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions